Jumat, 19 Mei 2017

Kerusakan Pada Laptop ( Bagian 1 )

  • Laptop Tersiram Air

Macam-macam Kerusakan Laptop yang pertama adalah Laptop restart terus setelah ketumpahan minuman. Kemungkinan kerusakan : motherboard. Langkah pemecahan masalah dan solusi perbaikan: Bila laptop ketumpahan minuman atau soda kemungkinan besar motherboard mengalami kerusakan. Diperlukan untuk membongkar laptop untuk menemukan bagian lain yang rusak oleh tumpahan air atau soda. Dalam kebanyakan kasus, Macam-macam Kerusakan Laptop ini disebabkan motherboard yang rusak terkena cairan tidak dapat diperbaiki dan harus diganti dengan yang baru. Saran saya bila laptop anda terkena cairan atau minuman, cepat-cepatlah melepas adaptor atau baterai laptop anda. setelah itu bongkar laptop untuk mengeringkan cairan yang berada pada motherboard.

  • Kerusakan Network Port
Laptop hang ketika socket jaringan internet dipasang. Ini adalah Macam-macam Kerusakan Laptop yang lain. Kemungkinan penyebabnya:
  1. kerusakan jaringan kabel.
  2. kerusakan perangkat lunak atau software.
  3. kerusakan motherboard.
Kemungkinan langkah pemecahan masalah Macam-macam Kerusakan Laptop ini dan solusi perbaikan:
  1. Coba jaringan kabel yang lain, mungkin kabel jaringan anda rusak dan harus diganti.
  2. Cobalah menginstal ulang driver network adapter, anda dapat download pada situs produsen laptop.
  3. Jika menginstal ulang driver jaringan tidak membantu, cobalah menginstal ulang sistem operasi dari awal. Back up file pribadi dan menginstal ulang sistem operasi dari recovery disk atau CD instalasi.
    jangan lupa download dan install driver network adapter setelah install ulang sistem operasinya.
  4. Jika anda masih mengalami masalah yang sama bahkan setelah menginstal ulang sistem operasi, kemungkinan besar ini adalah kerusakan motherboard. Dalam laptop port jaringan disolder langsung ke motherboard. Jika port jaringan rusak anda harus mengganti motherboard.
Atau anda dapat mencoba menggunakan laptop dengan kartu jaringan PCMCIA. masukan kartu ini ke slot PC yang tersedia untuk memperoleh jaringan port baru.

  • Kersuakan Processor Laptop
Macam-macam Kerusakan Laptop selanjutnya adalah laptop menyala dan lampu LED power menyala tapi tidak muncul gambar di layar. Coba dengan external monitor juga tidak keluar gambar, begitu juga dengan melepas baterai lalu memasangnya kembali namun gambar tetap tidak keluar. Kemungkinan penyebabnya:
  1. Kerusakan memori.
  2. Kerusakan motherboard.
  3. Kerusakan processor.
Langkah pemecahan masalah Macam-macam Kerusakan Laptop ini dan solusi perbaikan:
  1. Coba menghubungkan kembali modul memori. Coba lepas modul memori satu per satu dan uji laptop dengan setiap modul memori secara terpisah. Dengan cara ini Anda dapat menemukan modul memori rusak. Cobalah menginstal modul memori ke dalam slot pada motherboard yang berbeda. Jika laptop bekerja dengan baik modul dalam satu slot, tapi tidak di slot lainnya, slot kedua rusak. Jika anda hanya memiliki satu modul memori yang terpasang, cobalah menggantinya dengan modul memori yang baik.
  2. Jika menghubungkan kembali dan mengganti modul memori tidak membantu, kemungkinan besar ada masalah dengan motherboard.
  3. Bisa jadi processor rusak, tetapi kegagalan prosesor sangat jarang terjadi. Prosesor ini akan menjadi hal terakhir yang harus disalahkan.
  • Kersuakan Screen inverter Laptop
Macam-macam Kerusakan Laptop berikutnya adalah masalah inverter. Saat laptop dinyalakan layar monitor berkedip kemudian gelap. Jika Anda me-restart laptop mengulangi kerusakannya seperti sebelumnya. kemungkinan penyebabnya:
Lcd screen inverter mengalami kerusakan. lampu lcd screen backlight mengalami kerusakan. langkah pemecahan masalah dan solusi perbaikan: Ketika laptop layar LCD berkedip dan kemudian berubah hitam, kemungkinan besar masalah tersebut terkait dengan screen inverter atau backlight lamp di bagian layar monitor.
Anda tidak bisa mengatakan mana yang rusak tanpa tes dengan laptop yang lain dengan inverter atau lampu backlight yang baik. Macam-macam Kerusakan Laptop ini memiliki gejala-gejala kerusakan yang sangat mirip. Jika Anda harus menebak, pertama-tama gantilah papan inverter. Jika tidak membantu untuk mengatasi masalah, anda harus mengganti layar LCD

  • Kerusakan Speaker Laptop
Selanjutnya Macam-macam Kerusakan Laptop adalah masalah speaker. Speaker laptop menjadi sember atau tidak ada bunyi sama sekali. Menginstal ulang sistem operasi dan driver audio tidak memperbaiki masalah Kemungkinan penyebabnya:
  1. Kerusakan speaker laptop.
  2. Kerusakan sound card atau kartu suara..
Langkah pemecahan masalah Macam-macam Kerusakan Laptop ini dan solusi perbaikan: Jika salah satu speaker laptop bersuara sember, hal pertama yang harus dilakukan adalah menguji laptop dengan headphone. Jika kedua saluran di headphone suara normal dan berarti suara sember atau berderak itu berasal dari salah satu speaker laptop. Jika anda mendengar suara berderak/sember dari salah satu saluran headphone, kemungkinan besar ada masalah dengan sound card. Pada laptop kebanyakan sound card terintegrasi ke dalam motherboard. Jika sound card rusak, anda akan harus mengganti seluruh motherboard.

  • Startup problem
Laptop membutuhkan boot beberapa menit ke desktop. Itu adalah gejala Macam-macam Kerusakan Laptop selanjutnya. Kemungkinan penyebabnya:
  1. Tidak cukup memori terpasang.
  2. Banyak aplikasi perangkat lunak loading pada startup.
  3. Kerusakan Harddisk
Langkah pemecahan masalah dan solusi perbaikan: Pertama-tama, dalam mengatasi Macam-macam Kerusakan Laptop ini, lihat jumlah memori yang terpasang di laptop. Ini akan memakan waktu lama untuk boot laptop jika tidak memiliki cukup memori. Untuk menjalankan Windows XP saya sarankan minimal 512MB dan untuk Windows Vista atau Windows 7 setidaknya 1GB untuk beroperasi dengan lancar. Banyaknya aplikasi start up membuat loading lebih banyak waktu pada saat start up. Jika Anda tidak yakin mana aplikasi yang menyebabkan masalah, anda dapat membuat cadangan semua file pribadi dan menginstal ulang Windows dari awal. Kemungkinan besar laptop akan berjalan lebih cepat setelah instalasi baru. Jika laptop masih lambat, test lah harddisk anda, ada kemungkinan harddisk rusak dan harus diganti. Anda dapat menggunakan harddisk utilitas diagnostik dapat ditemukan pada Ultimate Boot CD atau UBCD( cari digoogle ). Jika harddisk gagal test, gantilah dengan yang baru dan menginstal ulang sistem operasi dari recovery disk atau CD instalasi.

  • Kerusakan USB port
Kerusakan USB adalah Macam-macam Kerusakan Laptop berikutnya. Semua USB port laptop berhenti bekerja sekaligus dan Laptop berhenti mengenali perangkat USB yang terhubung ke port USB. Kemungkinan penyebabnya:
  1. Masalah software.
  2. Kerusakan USB controller
Langkah pemecahan masalah Macam-macam Kerusakan Laptop ini dan solusi perbaikan:
  1. Uninstall semua entri USB terkait di device manager. Restart laptop dan biarkan kembali mendeteksi port USB dan menginstal driver. Test USB port. Jika tidak membantu, pindah ke langkah berikutnya.
  2. Back up semua file dan menginstal ulang Windows dari awal. Mungkin semua port USB berhenti bekerja karena beberapa sistem file rusak.
  3. Jika menginstal ulang Windows dari awal tidak membantu, kemungkinan besar ini adalah kerusakan hardware terkait.
Kerusakan Video card
Macam-macam Kerusakan Laptop selanjutnya adalah gambar pada layar akan kacau ketika laptop dipindahkan. Untuk mendapatkan gambar kembali normal Anda harus me-restart laptop. Gambar pada monitor eksternal akan kacau juga ketika laptop bergerak atau dipindahkan. Kemungkinan penyebabnya:
  1. Buruknya koneksi antara kartu video dan motherboard laptop.
  2. Buruknya video card.
  3. Buruknya hubungan antara memori laptop dan motherboard.
Kemungkinan langkah pemecahan masalah Macam-macam Kerusakan Laptop ini dan solusi perbaikan: Ketika gambar rusak pada kedua monitor internal dan eksternal, kemungkinan besar masalah berkaitan dengan VGA/kartu video laptop.
  1. Jika laptop memiliki kartu video yang berlainan, bisa jadi masalah koneksi terkait.
    Mungkin video card tidak membuat kontak yang baik dengan slot pada motherboard, bersihkan jalur slot video card.
  2. Dalam laptop paling baru kartu video terintegrasi ke dalam motherboard. Dalam hal ini kartu video tidak dapat di dan diganti. Jika kartu video gagal, Anda akan harus mengganti motherboard.
  3. Tetapi mungkin masalah ini berkaitan dengan hubungan yang buruk antara modul memori dan motherboard.
  • Kerusakan Video cable
Gambar pada layar laptop terhenti dan perlahan-lahan berubah menjadi putih. Ini Macam-macam Kerusakan Laptop terakhir yang kita bahas. Spontan gambar pada layar laptop akan berhenti dan kemudian perlahan-lahan menjadi putih dengan beberapa bercak abu-abu samar. Jika anda geser atau tekuk posisi monitor kearah depan, kadang-kadang gambar kembali normal.
Laptop bekerja baik nila menggunakan monitor eksternal. Kemungkinan penyebabnya:
  1. Buruknya hubungan antara kabel video dan layar LCD.
  2. Kerusakan layar LCD.
Langkah pemecahan masalah dan solusi perbaikan: Pertama -tama, coba hubungkan kembali kabel video di bagian belakang layar LCD. Ada kemungkinan bahwa kabel video tidak membuat kontak yang baik dengan layar LCD. Jika menghubungkan kembali kabel tidak membantu, kemungkinan besar ini adalah kerusakan layar LCD. Mungkin ada komponen yang rusak atau solder yang kendor di controller board layar dan dalam hal ini layar LCD harus diganti dengan yang baru

Semoga dapat bermanfaat :)  

Sumber :http://www.qbonk.org/macam-macam-kerusakan-laptop.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Pustaka http://www.monokem.com/images/companybanner.jpg https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjCgl12f6sC2mx2PP...