Kamis, 23 Maret 2017

Perangkat Peripheral




Peripheral komputeradalahberbagaikomponen yang terhubungke CPU (Central Processing Unit) yang berfungsisebagaiperangkat Input dan Output data kedalamdankeluar CPU yang selanjutnyadiprosesolehsistemkomputeruntukmengolah data Input yang di-Input olehperiferal Input seperti Mouse, Keyboard, Scaner, Recording Device, WebCam. Data input inidapatberupa data Dokumen, Suara, Gambar, Gerakandan Video. Selanjutnya data yang telahdimasukankedalamkomputerakandiolaholehperalalatan Process untukmenghasilkan data Output yang akanditampilkandalambentuknyataatautidakolehPeriferal Output misalnyaberupaDokumen, Suara, Gambar, dan Video yang dihasilkanolehPeriferalsepert Monitor, Printer, Plotter, Speaker, HeadSet, dsb.


Berdasarkan kegunaannya, periferal komputer terdiri dari 2 (Dua) tipe yaitu sebagai berikut :

⇨     Peripheral Utama (Main Periferals) : yaitu tipe periferal yang keberadaannya harus ada pada saat menjalankan komputer misalnya Mouse, Keyboard dan Monitor.

⇨     Peripheral Pendukung (Out Sillary Periferals) : yaitu periferal pendukung yang keberadaannya tidak harus ada pada saat menjalankan komputer misalnya Printer, Speaker, WebCam, Scaaner dsb.

 

1. Perangkat Masukan

Perangkat masukan (bahasa Inggris: input device) adalah semua periferal (perangkat keras komputer) yang digunakan untuk memberikan data dan sinyal kendali untuk suatu sistem pemrosesan informasi, misalnya komputer.

a)     Keyboard

b)    ATM (Automated Teller Machine)

c)     Point of Sale (POS)

d)    Mouse

e)     Trackball

f)      Pointing Stick

g)     Touchpad

h)    Joystick

 

 

2. Perangkat output

Perangkat output merupakanperangkatkeraskomputer yang digunakanuntukmengkomunikasikanhasilpengolahan data yang dilakukanolehkomputeruntukpengguna. Beberapaperangkat output antaralain :

1)    Monitor

 

2)    Printer

3)    Speaker

4)    Proyektor

5)    Pllotter


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Pustaka http://www.monokem.com/images/companybanner.jpg https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjCgl12f6sC2mx2PP...